Arko's Official Site

Media Berbagi & Berdiskusi

Standar Gaji Bagi Fresh Graduate (SMA, DIII & S1)

Dalam sebuah diskusi di milis angkatan, seorang teman saya dari UI menanyakan berapa sih standar gaji bagi seorang yang baru lulus dari jenjang studinya alias Fresh Graduate. Pertanyaan ini gampang-gampang susah untuk dijawab karena tentu saja sangat relatif di perusahaan mana anda bekerja. Tapi kalau tidak ada informasi tentang standar gaji, tentu saja kasihan para fresh graduate tidak punya patokan gaji yang diinginkan pada saat interview. Berdasarkan hal tersebut saya ingin mencoba membuat suatu standar tidak baku berdasarkan informasi dan survey kecil-kecilan yang saya lakukan terhadap orang-orang di sekitar saya. Semoga bisa berguna. 

SARJANA (S1)

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan dari teman saya yang bekerja di bagian HRD perusahaan standar (bukan perusahaan besar dan tidak juga terlalu kecil), perhitungan gaji bagi seorang sarjana Fresh Graduate adalah sebagai berikut:

THP = (2 x UMR) + 200rb

Jadi misalnya untuk wilayah Jakarta pada tahun 2007 dengan UMR sebesar Rp. 900.000,- sebulan maka standar gaji bagi fresh graduate di Jakarta adalah:

THP = (2 x 900.000,-) + 200.000,- = Rp. 2.000.000,-

 

DIPLOMA (DIII)

Standar gaji Bagi DIII Fresh Graduate adalah sebagai berikut:

THP = (1.5 x UMR) + 100rb

Jadi untuk wilayah jakarta standar gaji bagi lulusan DIII Fresh Graduate adalah:

THP = (1.5 x 900) + 100rb = Rp. 1.450.000,-

 

SMA

Bagi lulusan SMA fresh graduate perhitungan gajinya adalah sebagai berikut:

THP = UMR

Jadi untuk wilayah Jakarta:

THP = Rp. 900.000,-

 

Catatan:

Namun perlu diingat pada dasarnya tidak ada standar baku tertentu dalam menentukan seorang karyawan harus digaji berapa.. Selama itu di atas UMR, maka sah-sah saja.. Kalau ditanya kenapa bisa muncul rumus 2xUMR + 200rb bagi S1 Fresh Graduate, sekali lagi itu saya dapet dari beberapa sumber, tapi cukup logis sih menurut saya. Kalau dipikir-pikir argumennya mungkin sbb:

Upah Minimum Regional (UMR) itu khan didasarkan pada standar hidup minimal di suatu kawasan. Nah itu biasanya diterapkan pada pekerja kelas menengah ke bawah, standar pendidikan untuk mereka kan biasanya SMP/SMA. Kalo di pabrik biasanya disebut kelas pelaksana pekerjaan.

Nah kalo lulusan sarjana S1 Fresh Graduate itu kan biasanya langsung ada di level staff atau supervisor lah minimal. Maka standar hidupnya pun pasti lebih tinggi. 2 kali UMR tentu saja wajar.. Mungkin dari situlah muncul rumus 2 x UMR.

Nah kalo 200rbnya nggak tau juga dehh.. Mungkin ongkos pulang pergi ke kantor selama satu bulan kali ya.. Hehehe..

Oiya argumen di atas tidak didasarkan pada fakta apapun, apalagi penelitian mendalam. Cuma pendapat pribadi aja. Okeh.

DISCLAIMER
Standar gaji bagi fresh graduate di atas tidak berlaku bagi anda jika:

  1. Bapak/Ibu anda adalah pejabat yang punya tanggung jawab membagikan tender proyek pembangunan bagi perusahaan-perusahaan.
  2. Anda terlahir sebagai putra mahkota dari HM Sampoerna.
  3. Om/Tante anda direktur Astra Intl, ataupun perusahaan besar lainnya.
  4. “Bakrie” atau “Kalla” menjadi nama belakang pada nama anda.
PENUTUP
Ingat standar gaji di atas hanya untuk Tahun pertama. Pada tahun pertama dapatkanlah pengalaman kerja dan kemampuan sebaik-baiknya agar bisa kita jual kepada perusahaan. Setelah punya pengalaman kerja setaun, jangan mau dibayar cuma segitu.. Kita harus jual mahal dikit biar naikin pasaran.

Nah kalo sudah setahun pengalaman, terserah pinter2nya kita sih.. Mau minta 3 juta? 5 juta? 7 juta? Atau lebih dari itu? Terserah anda.. Sesuaikan dengan keadaan perusahaan pastinya.. Kalo ada kesempatan pindah ke tempat yang lebih baik, mengapa tidak dicoba..

Selamat Mengejar Karir Terbaik..

Mungkin rekan-rekan lain ada yang mau share pengalaman mengenai gaji fresh graduate di tempat anda? Semoga dapat membantu bagi rekan-rekan kita yang sedang mencari pekerjaan..

January 24, 2008 - Posted by | Obrolan Karir

91 Comments »

  1. Standard siapa dulu niy? sepertinya untuk setipa bidang beda-beda. Yang jelas di IT setau saya lebih tinggi seharusnya dari standard ini

    Comment by Amir Karimuddin | January 31, 2008 | Reply

  2. mas, ku bgg ni soal standar gaji yang bener, kalo’ d DIY tu standar untuk lulusan S1 berapa sih…???
    coz kadang bgg kalo’ [pas] wawancara gituy… berapa nilai yang mesti d sebutin…takutnya ktinggian dan mereka nolak qta karena mereka takut dengan harga yang d sebutin, tapi ntar kalo’ terlalu rendah juga perusahaan atau tempat kerja yang kita lamar ga percaya dengan kemampuan kita karena nilainya terlalu rendah….
    Tolong donk…ku d bantu soal yang satu ini….

    minta tolong d balesnya ke e-mailku ya… karena ku butuh banget informasi ini…
    tolong ya…

    sebelumnya makasih banget ya……

    Comment by mawi | March 1, 2008 | Reply

  3. pak standart upah pokok untuk s1 di sumatera selatan berapa sih? dan saya sudah pengalaman 1n tahun sebelumnya.

    Comment by ahmad danu | April 28, 2008 | Reply

  4. Thanks atas infonya.
    Info tersebut sangat berguba sekali buat fresh graduate khususnya saya yang akan lulus pada tahun ini di ITS..

    Mohon info yang terbaru mengenai standard gaji tahun sekarang di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Mengingat persaingan rekruitment semakin ketat dengan bertambahnya tahun. Selain skill yang kita miliki, informasi seperti harus diketahui oleh banyak orang.
    P. Kresna Yana Yahya sebagai dosen saya juga pernah memberikan daftar gaji di perusahaan-perusahaan tapi untuk tahun 2005.

    Terima Kasih

    Salam Kenal

    M. Slamet

    Comment by M.Slamet | July 2, 2008 | Reply

  5. oooo bgitu yaa…kalo standar umr fresh graduate S1 di bandung brp ya?tow sama ma di jkt?

    Comment by ranthy | September 15, 2008 | Reply

  6. mhhhh….thanku ya pak..sudah menambah informasi tambahan buat kami yang lagi mencari pekerjan..
    sebenarnya pertanyaan saya hampir sama dengan saudara mawi mengenai proses negosiasi saat wawanacara untuk fresh graduate s1 ….ada tips-tipsnya g pak …. tolong dikirim ke email saya pak….terimakasih atas infonya..

    Comment by nancy wd | September 24, 2008 | Reply

  7. saya lulusan S1 dan baru mulai masuk gawe tgl 5 januari. gaji saya cuma 8 rts rbu plus uang makan 25 rb per hari. tapi menurut sya itu gak sesuai. pucing dechhhhh……….

    Comment by mie mie | January 19, 2009 | Reply

  8. gaji saya diperusahaan yang baru cuma Rp850 ribu
    pengalaman 3 tahun
    gaji terakhir padahal Rp 3,5 Juta

    karena saya terkena dampak krisis global,maka saya butuh pekerjaan.bahkan saya harus turun level menjadi staff biasa
    mereka mengklaim klo gajinya ya segitu mau suyukur,ga amau cari aja tempat laen.walaupun mereka menjanjikan peningkatan kesejahteraan.
    lalu apa gunanya UMR klo seperti ini. disatu sisi saya butuh pekerjaan yang cepat. satu sisi ada yang memanfaatkan potensi saya.

    Comment by iwan | February 25, 2009 | Reply

  9. Menurut sy, Dijabodetabek globalnya Indonesia tuh, Sarjana gak dihargai dengan gaji yang sepantasnya. Terutama perusahaan Cina, Korea. Dan ironisnya hampir 80% perusahaan yang ada diindonesia itu perusahaan cina dan Korea. Kita sebagai pencari kerja dihadapkan kepada posisi yang tidak bisa menawar! (Mau gak mau harus mau!!). Lebih baik kita revolusi melawan kapitalisme modern.

    Comment by Sidik15 | March 18, 2009 | Reply

  10. Di perusahaan saya Sarjana hanya Rp. 1.200.000,-.
    Gimana ditempat anda ???

    Comment by Asep Karnadi | April 14, 2009 | Reply

  11. Ditempat saya pas pertama masuk dapetnya 1jt standard s1( Rugi Bandar Pak) Betul itu lawan2 kapitalìze modern…

    Comment by M.Zaenal.M.A | April 15, 2009 | Reply

  12. Mas, mo tanya nih. Klol kerjanya misal d ExxonMobil, kira2 brp ya gaji untuk lulusan SMA? Trims

    Comment by rhosyied | April 23, 2009 | Reply

  13. saya kmarin bru sja diterima sbg programer di sbuah krjasama operasi bumn di jakarta.gaji yg ditawarkan 1,6juta.saya freshgrad S1 non pengalaman. saya msh tinggal di bgor.menurut anda dg gaji sgtu,apakah cukup ‘standar’?trims

    Comment by bayu | June 13, 2009 | Reply

  14. saya S1 lulusan terbaik salah satu PTS ternama di Yogyakarta. gaji pertama saya 500 Ribu per bulan, percaya?? Itulah Indonesia yang maha kaya ini….

    Komentar Arko:
    Yang dibutuhkan freshgraduate adalah pengalaman dan ilmu. Jangankan lulus terbaik PTS ternama Yogya, saya saja sebagai lulusan PTN terbaik Indonesia saja pernah merasakan gaji 450 ribu per bulan. Tetapi setelah ilmu dan pengalaman didapat, saatnya kita menjual diri.. Mau gaji berpuluh2 kali lipat dari itu bisa kita dapatkan.. Jangan pernah menyerah dan tetap semangat. Sukses untuk Anda.

    Comment by noname.. | July 13, 2009 | Reply

  15. saya lulusan d3 di univ negeri te baik d jogja, pertama kerja dijakarta setahun lalu saya dibayar 450rb… skrg ni jadi 1.750.000,-
    per 3 bulan ada peningktn gaji…

    Comment by opink | July 23, 2009 | Reply

  16. Yang namanya perusahaan itu pasti kapitalis.. mereka akan berusaha bayar kita sekecil mungkin untuk dieksplor sebesar besarnya.. maklum yang namanya fresh graduate itu pasti emang masih bener2 fresh dan mereka membutuhkan ide ide segar.. abis itu tinggal disepak aja dech karena statusnya masih melalui outsourcing,,,

    Cah payah.. di tempat gw kerja.. yang dikenal sebagai perusahaan asing yang cukup bergensi, gw cuma menerima standar gaji pokok yang dikasih cuma Rp 1,5 jut ditambah dengan embel2 uang makan + transport + lembur palingan cuma dapet 2,5 juta per bulan.
    Lumayan emang.. Lebih tepatnya.. Ngepas sana sini.. Ga bisa nabung.. (ko jadi curhat yah)..

    Tapi hal itu menurut gw msih aja kurang.. bukan mau sombong atau gimana, secara gw lulusan dari salah satu PTN terbaik di Indonesia dengan jurusan yang banyak banget dicari di berbagai perusahaan, lulus dengan predikat cum laude, dan punya beberapa keahlian dibidang broadcasting dan marketing.

    Saran buat lo semua yang mau interview kerja.. Fresh graduate itu cuma status yang baru aja kita sandang, tapi bukan berarti kita ga punya keahlian, di luar sana masih banyak perusahaan yang mau menghargai lebih apalagi kalo lo emang berkualitas..

    Wew.. masalah kerja itu cuma pilihan… Killed or be killed..
    mumpung masih muda.. masih punya kesempatan untuk memilih.. gw juga masih nyari2 tempat kerja lagi yang sesuai gaji standar. Gaji itu merupakan rewards dari dedikasi kerja karyawan terhadap perusahaan.

    Selamat hunting jobs yah…

    Comment by Ms. X | August 17, 2009 | Reply

    • salam….

      saya memiliki beberapa pertanyaan terkait postingan Ms.X… apakah saya bisa send email to you??

      Comment by day | June 3, 2010 | Reply

    • Mr. X, anda punya saran tidak?
      Ketika kita hendak beralih perusahaan, apakah kita resign dulu kemudian nyari perusahaan baru, ataw dapatkan perusahaan baru baru resign??
      Thanks…

      Comment by Zaki | September 21, 2013 | Reply

  17. kebetulan saya masih freshgraduate D3.. melihat dari comment dari para kk yg sudah bekerja terlihat berbagai macam pendapatan.. terimakasih nih sekarang saya sudah memiliki pandangan untuk interview pada saat melamar.

    Comment by mr | August 31, 2009 | Reply

  18. menurut pengamatan saya, standard gaji memang sangat relatif, dan cenderung tergantung dari bidang / scope bisnis perusahaan tersebut. Berikut grade perusahaan berurut menurut besaran gaji fresh graduate (sekali lagi ini berdasarkan pengalaman saya ) :
    1. Oil and gas company …. min 4 jt
    2. Mining Company
    3. Telecomunication company
    4. Banking company…
    5. Plantation comp
    6. Pulp & paper…

    baru setelah itu general industrial company… Ya rata2 sesuai curhatan diatas. Saran : kalo mo gaji gede, cari lowongan perusahaan yang bergerak di bidang oil company, kalo gak dapet ya oil company services juga gpp.
    semoga bermanfaat

    Comment by marimemperbaikidiri | September 9, 2009 | Reply

  19. Ada kiat mengajukan jumlah gaji yang diminta agar disetujui:
    Pewancara harus dapat diyakinkan bahawa dengan sejumlah uang yang kita syaratkan, berapapun itu akan memberikan hasil lebih bagi perusahaan.
    Misal kita minta upah 10 juta, yakinkan perusahaan bahwa kita akan memberikan keuntungan 11 juta.
    Apalah artinya selembar ijazah disodorkan untuk minta subsidi perusahaan, ya enggak mau..lah.

    Comment by Boss | November 2, 2009 | Reply

    • krja dmn??

      Comment by silvia mandela | September 7, 2012 | Reply

    • @ Boss: Itu kalo melamar jadi sales/marketing…. nah kalo skdar jadi admin, gak mungkin juga kan bisa menghasilkan uang berjuta-juta?

      Nah kebetulan juga saya belum tahu, apakah tawar-menawar gaji itu berlaku untuk jenis karyawan staff admin (back office) tidak sih?
      Terimakasih, saya tunggu jawabannya di email

      Comment by Zaki | September 21, 2013 | Reply

  20. klo w bersyukur fresh graduated dapet gaji 2.3 jt…itu merupakan awal yang baik…

    Comment by dipa | January 15, 2010 | Reply

  21. ngomongin gaji emang susah.. dulu saya jg pernah ngrasain gaji 350rb sebulan.. gaji trakhir jg cm 1,6jt (semarang) dgn pengalaman 6 tahun..
    dari nabung sedikit2 selama kerja sekarang saya bisa usaha sendiri, hasilnya emang ga tentu, tapi lebih bangga karena bisa menggaji diri sendiri..

    Comment by bayu | January 20, 2010 | Reply

  22. Klo menurut gw untuk para freshgraduate klo mengincar gaji tinggi blm wktu nya lah untuk saat2 ini…dapet pekerjaan aj sudah bagus, saran gw cari perushaan yg sedang berkembang agar mendapat pengalaman dan ilmu dr perusahaan tersebut…pengalaman 1 tahun sudah cukup menurut saya, setelah itu baru bisa mematok gaji tinggi di perusahaan yg lebih baik…karena sudah memiliki pengalaman dan pernah bekerja diperusahaan yg bagus…

    Comment by Sir.STP | January 29, 2010 | Reply

  23. saya mo tanya klo gaji UMR kab. Bekasi dg pengalaman 2 th kira2 berapa y? thanx……

    Comment by nunu | January 30, 2010 | Reply

  24. Salam Mas,

    klo saya boleh share pengalaman, waktu saya lulus kuliah
    & pulang ke Balikpapan (Kalimantan Timur), saya mulai bekerja awal tahun 2006, saya diterima bekerja di salah satu main dealer roda 2 yang cukup ternama (tidak perlu saya sebutkan namanya)
    dengan upah:

    Gaji pokok Rp 600.000,- + Tunjangan makan Rp 6.000,-/ hari
    jadi THP = kira2 Rp 740.000,- per bulan

    kemudian saya pindah kerja di salah satu perusahaan
    Index & Forex ternama juga, dgn THP = Rp 1.000.000,-
    tanpa embel-embel

    setelah itu saya diterima di sebuah cabang regional kartu kredit milik bank BUMN (2007) dgn THP awal = Rp 1.000.000,- & setelah 7 – 8 bulan bekerja & level saya naik saya menerima:
    Gaji Pokok = Rp 1.200.000,-
    Tunjangan Jabatan = Rp 300.000,-
    Jadi THP = Rp 1.500.000,-/ bulan + insentif jika berhasil
    mencapai target.

    Tahun 2008, saya menerima tawaran kerja dari bank lain (Swasta) yang menawarkan Rp 2.300.000,- per bulan + tunjangna kemahalan Rp 300.000,-/ bulan

    Setelah itu saya bekerja di salah satu Rumah Sakit di bagian administrasi tanpa ikatan kontrak dengan pihak koperasinya (mulai 2008 akhir) dengan THP = +/- Rp 900.000,-an/ bulan kemudian naik menjadi Rp 1 jutaan di tahun 2009.

    Saat ini saya bekerja di salah satu supplier dgn THP Rp 900.000,- yang sudah include Tunjangan Makan + Transport Rp 15.000,-/ hari.

    Apa benar ada perusahaan yang menerapkan pengupahan seperti yang disebutkan di atas? Ada berapa banyak? Karena saya sempat menganalisa bahwa
    kemungkinan besar pasar tenaga kerja di Indonesia
    tidak seimbang antara penawaran & permintaannya sehingga mengakibatkan harga pasaran tenaga kerja turun
    (Ingat tiap tahun ada berapa lulusan S1 di Indonesia yg siap meramaikan pasar tenaga kerja?)

    Terima kasih untuk tempat sharingnya.
    Salam

    Comment by mcdohl98 | April 6, 2010 | Reply

  25. postingan menarik..coment2nya juga informatif…makasi yaa…

    Comment by aduyirt | May 31, 2010 | Reply

  26. thanks ya buat sarannya yang sangat membantu

    Comment by sandi santos | June 2, 2010 | Reply

  27. gaji pokok saya sebagai fresgraduate 1,5 juta + uang makan 10 rb/hari,,,,dgn gaji segini aja,,hidup merasa kempas kempis,,,merasa kurang di hargai gelar sarjana yg sudah saya dapatkan dgn susah payah,,,hix….hix…hix…

    Comment by veetha | July 27, 2010 | Reply

  28. hmm…menurut gw, sebelum kita mikirin gaji, ada 1 hal penting yang harus kita pegang. “SKILL YANG MAU KITA JUAL”. walau masih fresh, tapi skill kita bisa membuat perusahaan tempat kita melamar untung, wajar bila kita menginginkan gaji yang besar.
    hal itu bila perusahaan murni melihat kemampuan calon pegawai-nya. hanya beberapa perusahaan yang berpedoman seperti itu. selebihnya, mereka mempertimbangkan nama besar universitas/adanya kenalan di perusahaan tempat kita mendaftar.
    namun, dengan adanya UMR yang pemerintah tetapkan, setidaknya perusahaan tidak seenaknya memberikan gaji kepada sang “fresh graduate”.

    salam kenal, “si belum lulus”

    Comment by si belum lulus | August 15, 2010 | Reply

  29. Selama 6 tahun saya bekerja sebagai freelance translator/interpreter dengan pendapatan yang tidak tentu. Sampai akhirnya situasi sekarang tambah gak menguntungkan. Akhirnya saya putuskan untuk bekerja kantoran sebagai staff administrasi (TU) sekolah internasional di Bandung. Gaji mungkin gak kebilang gede. Gaji pokok saya cuma 2 juta aja cuma emang belum termasuk tunjangan ini dan itu. Sementara diluar jam kerja, saya masih menerima order terjemahan lewat email. Well, tapi buat hidup di bandung sih, alhamdulilah… gak apa-apa… khususnya buat single woman yang masih nebeng rumah ortu.

    Comment by Raya | September 16, 2010 | Reply

  30. saya prnah ikutan seminar tntang tata cara melamar krja, mulai dri buat surat lmaran smpai interview. .
    nah, dri seminar itu saya dpt sdikit pencerahan gmn caranya nego gaji saat interview. .
    kita gk prlu nyebutin jmlah nominal gaji yg kita mau, tinggal bilang aja ‘saya percaya perusahaan sebesar ini punya standar/kebijakan penggajian utk posisi yg akan saya tempati. .’
    klo gitu enak kan? mereka yg bingung. ngsih gaji kecil gk mungkin, masa perusahaan besar ngasih gaji kecil. slanjutny kita gk bakal d rugikan, misalkan kita melamar bagian adm yg standar gajinya 3 jta, trus pas interview kita cuman mnta 2 jta. .wah, rugi bandar klo gitu. .

    sekian dari saya, moga bermanfaat. .
    glory all

    Comment by dheny | October 3, 2010 | Reply

  31. Aku sudah di perusahaan selama 5 tahun gajiku cuma 1,4 jt tetep aja kereeeee pdahal udah tak irit irit ke… huh payah! sekolah larang2 bayarane mung sak upil…..

    Comment by Basuki | October 19, 2010 | Reply

  32. ada lagi nih ??? rame euy komentnya ,…

    Comment by auf13 | November 1, 2010 | Reply

  33. Ehm senasib… Buat info nech.. Jadi staff lulusan sma/smk emang nanggung… Untuk Fressh Graduate Saran saya terima aja gaji berapapun (biasanya masa percobaan).. minimal buat hidup mandiri dan belajar ngerasain kerja (Dari pada nganggur..)

    Berusahalah semax mungkin kalau itu perusahaan baru walau gaji kecil. Siapa tahu diangkat jadi Kepala supervisor / kepala produksi. Kalau gaji selama 3 – 6 bulan gak berubah carilah lowongan kerja yang lain sambil bekerja, jangan keluar dulu.

    Buat lulusan SMA untuk jadi staff adm atau karyawan biasanya gaji sebesar 750rb – 1 jt . Selalu catat skill yang di pelajari waktu kerja buat bekal di CV. kalau sudah merasa oke silahkan job hunting ke perusahaan yang lebih besar dengan pengalaman kerja paling gak 1 tahun jgn sebentar karena akan dianggap negatif sama perusahaan bonafid. Minta gaji 1.5 juta. karena standar sma yang berpengalaman untuk staff yah max-nya segitu… dapetlah 1.2 juta – 1,5 juta.

    Tingkatkan kinerja prestasi dalam setahun supaya dapet gaji yang di inginkan sebesar 1,5 – 2 juta. (Gaji terakhir ane dulu segitu.. Sebagai Karyawan Senior). Melamar lagi dengan berbekal pengalaman ke perusahaan manapun, lulusan SMA akan digaji dari awal lagi (750,000 – 1.5 juta).. So terserah kalau sudah berpengalaman, ilmu yang di dapet mau buat usaha sendiri atau uang gaji di tabung buat kuliah ngambil d3 / s1 buat nambah Gaji yang rata2 sebesar 2 – 5 juta.

    Nach sekarang , ane baru 4 bulan di perusahaan baru dengan gaji 1,4 juta tapi perusahaan ini lagi buat devisi / bidang usaha baru. Targetnya kalau dah terbentuk CV nya dan profit sudah kelihatan continue… minimal Asisten Direktur atau kepala Cabang sich di tangan.. (He he he.. Mengharap gaji 2 – 3 juta/bulan…)

    thats it..Berdasar pengalaman ane dari tahun 2007 di beberapa perusahaan ;p.. Doa-in yach..

    Bintoro.DjWaskito@gmail.com

    Comment by BintoroDj | November 5, 2010 | Reply

  34. mo ikut nimbrung… gaji saya waktu baru lulus s1 (2007) sekitar 2.7, sekarang (nov 2010) sekitar 5-7 jt ( tergantung lembur n dinas luar). menurut saya standar lulusan s1 (UI) Fresh yang wajar antara 2.5-3 jt. oia sekedar info sebagai Perbandingan saya lulusan s1 REGULER adm fiskal UI IPK 2,75-3.0 dan sekarang berposisi Fin and HR Manager.

    Comment by Pak Lurah | November 14, 2010 | Reply

  35. hal yang terpenting utk fresh grad bukanlah gaji tapi ilmu dan pengalaman. percuma aja minta gaji gede tapi kerja gak becus.
    carilah pekerjaan yang tugasnya tidak hanya duduk manis dibelakang meja, kyk ane bang kerja gak 100% fokus ke admin tapi juga berhubungan dgn pimpinan cabang dan bos2 di bank, seru bang bisa ngasah kemampuan ane dan yg paling bangga ane dihormati n’ di panggil pak sama orang yg lebih senior dan bos2 di bank padahal ane masih bocah bgt. . .
    gtu bang, yg lebih penting di dunia kerja bukan mlulu tentang gaji tapi kepercayaan yg diberikan oleh atasan kepada kita utk bisa memaintenance pihak internal perusahaan dan berhubungan baik dgn pihak eksternal.

    Comment by si pejuang | November 27, 2010 | Reply

  36. Standar gaji…
    Ehm…
    Merunut pengalaman saya…kompetensilah yang paling dihargai (Pengalaman), rata rata pengalaman 4 tahun keatas akan dihargai cukup mahal dari gaji sebelumnya sehingga akan terjadi kenaikan signifikan. Sebagai contoh beberapa kasus teman saya :

    Temenku,Lulusan D1 fresh graduate sebelumnya bekerja di bidang Logistik Migas digaji 3,9 jt setelah setahun pindah ke oil service company..naik jadi 9 jt
    D3 fresh graduate, bekerja sbg opeartor di Power Plant Service Company gaji THP 2,7 juta…pindah ke KOMIPO (Operator PLTU Tanjung Jati B) sebagai enggineer dihargai 8 juta.
    Mau gaji tinggi? Punya ilmu..pilih perusaan bonafit

    Comment by Zen Zen | December 8, 2010 | Reply

  37. std gaji??
    mgkn memang besar tuh,, tp skr yg kita lihat dilapangan berbeda,, gak tau memang segitu ato bukan.. fresh gruated s1 skr dipasaran jkt seperti org yg baru lulus smu,, rata2 menghargai 1jt-1,5jt namun sarat yg dberikan oleh perusahaan,, apakah perusahaan itu tau,, untuk belajar yg dia minta klo dia ingin menambah ilmu harus kursus yg mgkn nilainya lebih dari gaji dia? .. pengalaman saya dulu pnh ditawar gaji dibwh 1jt.. padahal sarjana.. setau saya itu gaji utk (maaf) buruh2..
    kita kuliah,, berfikir berusaha,, keluar uang byk,, namun setelah lulus hanya digaji 1,2jt. kadang2 untuk hidup sebulan aja pas2an.. bs dikatakan otak kita diepras oleh perusahaan? klo memang std gaji umr untuk s1 diatas 1,5jt berikana yg bnr.. apa karena skr ada perusahaan out sorch jd gaji kita dipotong? tolonglah,, jgn memeras keringat org.. hargai org yg ingin menyambung hidup..
    semoga ini bs jd pertimbangan,, dan tolong menghargai karyawannya.

    salam..

    Comment by joni | December 15, 2010 | Reply

  38. Gue seorang site reps. di perusahaan logistik multinasional yg ditugaskan d jobsite prshaan tambang multinasional d Papua..
    gue masuk krja thn 2008 sbg frshgrdt/outsource dgn neto gaji rata2 3.2 jt/bln.
    akan ttp stlh 2 thn krja gajiku tetap, tdk ada prbhan dan tdk ada kjlasn jjg krir…
    akhrnya kputuskan tuk resign cari yg lbh baik..
    gimana pndpt tman2?apa kptusnku sdh tpt?

    Comment by Andy | December 16, 2010 | Reply

  39. Blog yang ditulis ini menggambarkan kondisi riil. Salut dengan mas/mbak yang menyusun.

    rumus 2007 = (2 x THR) + 200.000

    Hasil inflasi dari 2007 ke tahun 2011,
    didapat = (2 X 1.290.000) + 286.666
    = 2.866.666
    dibulatkan menjadi
    = 2.900.000,- hampir tiga juta

    Wajar dan pantas itu dengan pengalaman NOL tahun. Sangat meyakinkan, karena saya cona cross check dengan orang lembaga keuangan, karyawan baru s1 fresh graduate di tahun 2010-2011 dibayar sekitar angka itu.

    Perlu diragukan kredibilitas perusahaan yang membayar di bawah nilai itu.

    bagaimana halnya dengan syarat minimal s2, dengan pengalaman lebih dari lima tahun?

    Comment by rudi baharsyah | March 9, 2011 | Reply

  40. menyedihkan sekali…..

    Comment by zeny | April 25, 2011 | Reply

  41. kalo D4 gimana ??

    Comment by feri | May 29, 2011 | Reply

  42. sedikit share aja tentang gaji di Indonesia maupun Oversea:

    1. tahun 2001 lulus sarjana teknik di Bandung…ngangur +- 4 bulan lah…
    2. Ambil S2 bukan karena pengen daripada ngangur maksain walaupun kagak punya duit…..modal nekad aja daripada ilmu kuliah lupa ya S2 iseng iseng
    3. sebulan setelah ngambil S2 dapat kerjaan kerjaan di depelover di Bandung th 2002 gaji 850 rb + dikasih makan siang
    kerja sekitar 3 bulanan kagak betah habis lembur sampai jam 7 malam terus wkwkkwkwwk
    4. Pas lagi UAS S2 dapat pangilan di kontraktor di Jakarta lumayan lah gaji 1.7 JT ambil aja mungpung lagi liburan semesteran lumayan lah bulan bisa bayar satu semester.
    5. karena udah kuliah lagi ya resign lah cape bolak balik bdg-jkt eh..dapat kerja di Bdg gaji 2.6 Jt Alhamdullilah..bisa kuliah sambil kerja….karena itu S2 nya jadi 4 th wkkwkwkw wong s1 aja kagak nyampe 4 tahun dulu he..he.. ngak apa apa yang penting lulus + pengalaman 4 tahun juga.
    6. 3 tahun setelah kerja di bandung dapat tawaran di Malaysia dengan 4x gaji Bandung ambil aja itung itung nambah pengalaman.
    7. 2 tahun di Malaysia dapat tawaran di Qatar 20x Gaji Bandung he..he…
    8. Setelah 3 tahun di Qatar ….mau balik bandung aja deh..habis di Qatar kagak ada tukang Siomay…Salam.

    Comment by abdi | June 20, 2011 | Reply

  43. sya lgi kalau saya baru kerja 6 bulan di perusahaan berkembang ..n skrg mw perpanjang kontrak kerja…say lulusan d3 Tek Mesin…skrg kontrak saya naik jadi 1.7 jt yang pada sebelumnya 1.5 jt …bsok final sy ambil kepurusan sbaiknya gmana ya

    Comment by alwin | July 7, 2011 | Reply

  44. masih mending smua pada 1,5jt keatas

    nah gw jadi IT Staff, cuman di gaji 1.2jt per bulan nya bro..
    bayangin, mo diberi makan apa kucing kesayangan gw yg makin hari makin bertambah kurus aja
    huuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaa
    >.<

    Comment by Geni Membara | July 22, 2011 | Reply

  45. gaji di 2011 di sebuah perusahan tempat saya bekerja menggaji seorang lulusan D3 sebesar Rp. 1.200.000,- start awal saya sih pernah mengalami gaji 750.000,- hingga berjalan selama 5 tahun yang didapat sebesar 1.200.000,- memang susah bekerja di perusahaan aturan bisa berbeda dengan ketentuan yah fakta real yang dirasakan tetap aja pahit, inti nya hanya mencari kebutuhan hidup dari pada nganggur

    Comment by rokie | August 11, 2011 | Reply

  46. ngomongin masalah gaji di tahun 2011 ini mah mesti kudu serius cos klo salah tafsir nti kita yang rugi,emang untuk UMP sekarang DKI 1290000 dah komplit smua kecuali lembur,tapi untuk yang pengalaman itu tergantung nego,
    pengalaman saya mlai kerja tahun 1999 dgn gaji awal 290.000
    trus pindah mlai yahun 2000 – 2005 gaji mlai 450.000 terakhir 850.000
    pindah lagi mlai 2005-2011 gaji mlai 1300.000 – 2.300.000
    pindah lagi karena bosen jg dah ga betah dengan managemen eh….malah dapet gaji turun dari yang terakhir……tp ga apa cos sambil cari yang lain siapa tau dapet yang lebih gede lagi,Amiiiin

    Comment by bast | August 20, 2011 | Reply

  47. kalau ngomongin gaji tak akan habis2, masalahnya uang adalah sesuatu yang sensitif. dulu saya kerja 2008 ( dpat 1.5 jt nett ), terus pindah 2009 (1.8 jt nett) kmudian pindah lagi tahun 2010 ( 2 jt nett ), dan yang terakhir 2011 dapat ( 3 jt nett) untuk hidup single lmayan cukup

    Comment by agam | August 30, 2011 | Reply

  48. Saya lulusan D3 Polyteknik sebadi Drafter mekanik di sebuah perusahaan swasta di tangerang dengan pengalaman kerja 8 tahun di hargai Gaji pokok + tujangan makn+transport 3 jt per bulan,..Pantaskah,….???

    Comment by Ej | September 12, 2011 | Reply

  49. Saya adalah lulusan D3 politeknik di bandung tahun 2011 saya sekarang bekerja di perusahaan di malaysia… Di daerah selangor di bagian technician mesin dengan gaji 7+ juta untuk fresh graduate bagaimaana pendapatnya? Karena kondisi jauh dr bumi pertiwi..

    Comment by mr x | October 4, 2011 | Reply

  50. buat kk2 yg udh kerja …tlong dunk ksh tau perusahaan2 yang bagus..aq mau ngelamar..tp bingung g da koneksi..tx b4

    Comment by aisyah | October 15, 2011 | Reply

  51. saya lulusan s1 fresh graduted bru lulus oktober kmren 2011,skg sdah slesai training di perusahaan yg sedang berkembang,,,
    awalnya saat interview saya nego 2,5 jt, tpi perusahaan gk sanggup,
    perusahaan hanya bisa ngasih sesuai umk bekasi yaitu sebesar 1,8 jt. itu belum termasuk tunjangan” lainnya,,
    mohon dicek yaa,pantas gak dihargai sgtu…

    trim’s
    nb : perusahaan saya bkerja bergerak dibidang automotive manufacturing..

    Comment by iyanz | November 20, 2011 | Reply

  52. klo menurut sy gaji tuh relatif dan menyakitkan kalau berbeda dgn yg lain!!!sprti skrg ini sy baru 1bln bekerja di perusahaan sepatu u/ pengalaman accounting sprt sy perusahaan hny menawarkan gaji 1.4 tp ternyata itu tdk rata u/ sarjana dibagian lain.patokan gaji segt krn dr awal ny staf2 yg lain standard ny segt!!!menurut anda pantaskah s1 lulusan thn 2010 dihargai dgn gaji segt sedangkan sy berpengalaman????tolong share ny yah by email.

    Comment by ria machdalena | November 24, 2011 | Reply

  53. terim Kasih telah berbagi-bagi ilmu kakak 2 sekalian dan sarannya

    Comment by alip | November 25, 2011 | Reply

  54. saya lulusan s1 fresh graduated jur.manajemen bru lulus oktober kmren 2011,skg sdah slesai training di sebuah perusahaan asuransi…
    awalnya saat interview perusahaan hanya bisa kasih gaji 1,15 jt + uang tranport 20rb/harinya + komisi/jnis penjualan utk posisi telemarketing, tpi perusahaan gk bisa nego gaji coz msh fresh graduate,
    perusahaan hanya bisa ngasih gaji dgn standarnya segitu…
    mohon tolong dicek yaaa,pantas gak dihargai sgtu…

    trim’s
    nb : perusahaan saya bkerja bergerak dibidang asuransi jiwa…

    Comment by raisha | December 25, 2011 | Reply

  55. Terima kasih banyak atas sharing info kalian semua :)

    Comment by adhiespy | February 13, 2012 | Reply

  56. Info yg sangat informatif. #laaahhhh :P
    begini mas dan mbak, saya kan FG juga dari bidang farmasi.
    jika bertolak ukur dr penjelasan yg ada di atas, (gaji fresh graduate 3-5 jt) itu, saya masih sangsi. pasalnya yg saya tanya ke senior lainnya tuh gaji pemula cuma +/- 2jt. :/
    mohon penjelasannya.

    Comment by help me | February 14, 2012 | Reply

  57. infomasi nya sangat menarik…
    comment bisa dijadikan perbandingan…..
    trims…

    Comment by Dewa | February 20, 2012 | Reply

  58. banyak ya yg udah pd punya pengalaman dapet gaji dr yang paling dikit-paling tinggi berlipat – lipat,,
    th lalu “2011” sekitar bulan juli-agustus, teman sya lulusan d3 akt PTN ternama di Jogja bekerja di kebun binatang di jogja sbg STAF HRD, kemudian dia memutuskan keluar, pas itu sya diajak ngambil haknya “gaji bulan terakhirnya”, dia ngasi tunjuk amplop yg diberikan dg tulisan angka jumlah gajinya berapa!nah pas diitung uangnya sama persis dg yg ada ditulisan!coba tebak brp teman2…?Rp 638.000,-. dia juga ngaku segitu uang yang diteimanya tiap bulan, makan siang sudah disediakan oleh perusahaan,,tanpa kompromi, bagi saya itu pelecehan!!!!!!hahahahaha,,,,
    wasalam,,,,

    Comment by anis | February 23, 2012 | Reply

  59. wah… jadi bingung ne,. tapi keren infonya.. doain ane, ane fresh graduate s1 T. Sipil besok mw dipanggil wawancara..moga aja gajinya sesuai dngan peran ane thd perusahaan yang calling ane td…amiin… :)

    Comment by syaiful | April 3, 2012 | Reply

  60. Reblogged this on Karim's Blog.

    Comment by maskarim | April 17, 2012 | Reply

  61. lo tukang parkir UMR ny berapa
    gan tolomg bales ??????

    Comment by doel | July 30, 2012 | Reply

  62. Secara umum saya setuju dgn perhitungan diatas.
    Namun disetiap tempat pekerjaan ada berbagai tes yg harus dilalui calon karyawan,nah dari tes tersebut pulalah kami juga menentukan besar gaji yg akan kami berikan
    Jadi semangat ya para pencari kerja

    Comment by homeschoolingalam | August 9, 2012 | Reply

  63. Gaji gue fresh graduate di sebuah perusahaan perkebunan di jkarta Rp. 2.000.000 tapi setelah satu tahun mengabdi gaji gue mau dituruni menjadi Rp. 1.660.000 , oleh karena itu gue lebih baik resign,…gue kerja mati2an sampe gue belain lembur pulang jam 11 malam…

    Comment by Arua | August 27, 2012 | Reply

  64. jangan berpiikir untuk mau di gaji,,,,,,,,,,,,,kita coba jadi pengusaha,,, orang yang menggaji dirirnya sendiri,,,,,,, setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu,,,

    Comment by saha weeeeeh | September 4, 2012 | Reply

  65. Kalo standar gaji untuk palembang S1 brapa ya mas,,,,

    Comment by ayu | October 6, 2012 | Reply

  66. Aku lulusan S1 ….dan sekarng sudah punya pengalaman 1thn dibidang adm,,,kalo mau ngelamar lagi ditanya mau gaji brapa ????aku bingung mau jawab brapa???standart umr gaji untuk sumsel palembang itu brapa,,mohon bantuan nya ??terima kasih

    Comment by ayu Lestari | October 6, 2012 | Reply

  67. bahasan yg menarik, masalah gaji kalo aku berpendapat:
    1. syukuri gaji yang didapat baik melalui proses nego ataupun sdh standart perusahaan,..karena itulah rejeki yang diberikan Allah
    2. berdasarkan pengalamanku bekerja pindah pindah, gaji nya jd fluktuatif kadang digaji kecil kadang digaji gede,.tp keduanya ada konsekwensinya
    3. tapi mending pindah pindah kerja daripada bertahun tahun kerja gaji gak naik naik, kl naik jg sedikit, dgn pindah krj kita dpt standar gaji terbaru bahkan bisa nego (tergantung bidang perusahaan yg dilamar)
    4. tapi kalo nego gaji sering buat kita terjebak,..menurut pengalaman aku lebih nyaman dengan perusahaan yg sdh menentukan standar gaji (dgn standar yg lumayan tentunya)

    Comment by MZie | October 26, 2012 | Reply

  68. aku lulusan sarjana.
    sekarang aku kerja di perusahaan asing korea di jakarta sebagai GA/HR Administrasi, dan setelah 6 bulan bekerja gaji saya Rp.2.300.000 itu standar ga sih…kemaren sih nego 2.500.000 tapi dengan alasan aku fresh graduate jadi mereka ga berani gaji lebih,
    jadi gaji std s1 untuk wilayah jkt sebenarnya berapa sih?
    boleh ga perhitungan yg ini aku pakai untuk minta expected salary kalau melamar lagi??

    Comment by ika | November 26, 2012 | Reply

  69. 69.temen ku lulusan sd gaji 30 juta /bulan sebagai pengepul barang bekas wkwkwkwk

    Comment by heri | November 27, 2012 | Reply

  70. 1mggu yang lalu aku dapet panggilan interview lewat telp di salah satu yayasan internasional – surabaya, gaji yang aku minta 3,5, tp pas di interview berubah menjadi 2,8. katanya harus menjalani evaluasi dulu selama 3 bulan. dan baru bisa dipertimbangkan setelah 1 thn. menurut kalian gimana ? wajar gak dengan nilai segitu dengan biaya hidup di surabaya?oia aku udah punya pengalaman kurang lebih 4 thn.

    Comment by karjo | December 14, 2012 | Reply

  71. sangat bagus gan ane kemarin dapet tawaran 3,5 jt sebulan gaji pokok,, karena umr jakarta 2013 2,2 jt seharusnya gaji ane 4,5 jt yee hehehe

    Comment by tokoperak | January 8, 2013 | Reply

  72. semakin tahun demi tahun barang2 serba mahal ,dan gaji umr tiap kota naik tapi kenapa perusahaan (KARYAWAN )gajinya tidak sesuai standar umr,yah Yang namanya perusahaan itu pasti kapitalis..jadi pasti semua juga sudah pada tau,bagaimana kita menanggapi,dan semoga kita selalu tetap bersyukur,mempunyai modal yang cukup dan berwirausahawan,amin

    Comment by lyzhty2 | January 21, 2013 | Reply

  73. salam
    bhakty gunawan

    Comment by lyzhty2 | January 21, 2013 | Reply

  74. bersyukurlah bagi rekan2 yang digaji diatas 1,5jt. aku yang lulusan S1 dr PTN favorit digaji 1.1jt (termasuk uang makan,dll),kecuali lembur. seperti kata rekan2, kita perlu pengorbanan utk mendapatkan pengalaman, karena bangku kuliah berbeda dengan bangku kerja

    Comment by chy | January 23, 2013 | Reply

  75. kalo menurut kakak2 gmana aku d3 sbgain admin d pt makanan daerah cbtg dgn umk 2,3jt/bln.. baru hari ni sy tes d pt taiwan sbgai staf acc0unting. mintanya 3,5jt/bln tp d ksh 3,2jt net lembur/ga lembur sgtu.. gmana menurt kakak2??
    tp yg bikin galau akses pt nya jauh dr rumah sy n tdk ada jmptan..
    trims

    Comment by galau100% | March 6, 2013 | Reply

  76. skrng kan bnyk nya tanggan kanan nya bos jdi gaji karyawan pasti bnyk yg di korupsi jman skrng di kasih percayan malah di salah gunakan

    Comment by ina | April 18, 2013 | Reply

  77. Jika seorang sarjana PTN (yang sudah sekolah setidaknya 16 tahun lamanya) hanya digaji 1,1jt/kg (hanya setara 129 kg beras saat ini). Kemudian jika menjadi manajer ada yang masih menawarkan gaji antara 3 – 6 juta berarti jelas ada yang salah dengan kita semua. Pikirkan kelak bila pensiun. Mau makan apa? Keadaan spt ini tidak akan berubah kecuali bila kita merubah keseimbangan permintaan dan penawaran kerja (mudah-2an tahu maksudnya), kalau tidak ya memang bangsa ini layak hanya dihargai segitu.

    Comment by BP | May 16, 2013 | Reply

  78. Sya llusan S1 Tek. Mesin. Stelah llus kliah di akhir thun 2011 sya mlai mlmar pkrjaan akhr’a dbulan februari 2012 sy mndpat pkrjaan di prushaan spplier oil and gas di tangerang saat itu gaji yg dtwarkan hnya 1.4jta. Pdhal prushaan trsebut adlah spplier oil and gas. Akhr’a sy resign dn mndpat pkrjaan di salah stu prushaan elektronik jepang. Utk gaji prtma sya dgaji hnya 2jta kmudian stlah awal thun 2013 gaji sya mningkat mnjadi 2.8jta. Namun yg dsayangkn adlah stndar gaji sy dsmakn dgn llusan D3. Jka mmag stiap prushaan mmliki stndar utk krywan’a knp llusan D3 dn S1 hrus dsmakan brbeda skali dgn rumus yg agan berikan.
    Klo mnrut sya jka mmag ingin gaji yg pntas utk llusan srjana adlh bkrja d Prushaan tambang, oil and Gas. Wlwpn letak’a sgt jwh tapi gaji yg dbrikan ckup mnjanjikan. Hnya sja sulit utk msuk prushaan oil and gas krn seleksi yg sgt ketat.

    Comment by ray | May 21, 2013 | Reply

  79. saya kerja ditangerang… sebagai pegawai kontrak sudah mau 1 tahun kontrak saya habis dibulan juni 31, saya mendapat gaji umr 2.2jta kiranya jika ingin mengajukan kenaikan gaji seperti apa yah??? karena yang saya dengar dari staff lainnya jika kontrak belum mendapat kenaikan? sebaiknya bagamana yah?

    Comment by yuni | June 5, 2013 | Reply

  80. saya baru kerja diperusahaan konsultan IT, lulusan S1 Public Relations, tapi saya disini ,mendapatkan gaji sesuai standar anak SMA, bagaimana pendapat kalian ? berkali-kali ada panggilan dari bank dki cuma bingung mau iin di kantor karena masih anak baru.

    Comment by icha | June 10, 2013 | Reply

  81. Saya bekerja di salah 1 perusahaan Tour&Travel ternama di Riau sebagai tamatan sma, gaji saya 3 bulan pertama(training) adl 1jt net. bulan ke 4 – 8 : 1,3 jt. dan bulan ke 9 baru mencapai 1.6 jt. dari th 2010 – 2011. baik lulusan sma(berpengalaman)/d3/s1 gajinya di samakan di perusahaan ini. menurut informasi, stelah resign pimpinan langsung ambil tindakan (jaga2) untuk menggaji stafnya dengan menaikkan gaji sesuai pekerjaan agar staf yg bersangkutan tidak resign spt sya karena bekerja pada 5-6 posisi di pt tsb. alhasil tamatan d3 lebih tinggi gajinya dari s1 di perusahaan tersebut(krn beratnya pekerjaan). jadi memang proses negosiasi sangat penting untuk calon karyawan itu sendiri…
    saran ? bagi yang tamatan sma/fresh graduated terima aja jika di gaji standart 1 jt/bulan walaupun net(tanpa uang makan, transport, dll)
    Namun persiapkan diri untuk segera kerja sambil kuliah d3/perbanyak pengalaman dan cari perusahaan lain yang memberikan upah yang layak untuk keringat kita. sebab resign itu menyadarkan seseorang jika punya staf bagus maka ia akan pergi jika tak ada kesejahteraan yang di dapat pada perusahaanya.

    Comment by Surya | June 29, 2013 | Reply

  82. Jadilah wiraswasta muda bung, mencoba dan mencoba, peluang selalu terbuka sekalipun dari seonggok sampah, think it…

    Comment by Bang sampah | July 6, 2013 | Reply

  83. Waaah berarti gaji gw yg lulusan s1 = UMR lulusan SMA jaman skrg donk (2,2 juta).. Percuma donk gw kuliah s1.. Thanks ya infonya

    Comment by cantika | August 13, 2013 | Reply

  84. ikutan bagi sedikit pengalaman yaa :)
    aku lulusan S1 fresh graduate (baru kemarin bulan Oktober) plus punya pengalaman kurang lebih 10 tahun (S1nya kelamaan, kerja sana sini cari duit):D
    aku pernah ngerasaain yang namanya gaji Rp. 100k / bulan sebagai tenaga guru honorer di sekolah negeri, then setelah 4 tahun akhirnya aku resign…
    Terus pindah kerja dari satu kerjaan ke kerjaan lain and I found :
    SMA/SMK : biasanya untuk pabrik standard gaji UMR (bersih), malah bisa kurang tergantung tempat kerja yang anda lamar, benefit atau tidaknya.
    D I / D III : bervariasi kisarannya tergantung uang makan dan transport yang diberikan perusahaan + UMR (biasanya uang makan dan transport berkisar antara 10-15k/ hari)
    S1 : UMR (gaji pokok) + (uang makan dan transport yang berkisar antara 25-40k / hari)

    That’s what happened in Semarang, Salatiga, Solo, Jogja, Klaten, dan Surabaya
    I ever experienced myself

    satu hal yang pasti, kalo ditanya saat interview kerja ” berapa gaji yang anda inginkan?” kisarannya antara 2000k – 3000k tergantung UMR daerah dan perusahaan anda, biasanya akan ada kenaikan setelah masa probation (masa percobaan 3 – 6 bulan).

    Semangat yaaa job seekers :)

    Comment by Fee | November 8, 2013 | Reply

  85. Terima kasih infonya, sangat membantu krn mau tambah karyawan..
    TQ ya,,,Salam kenal dari Susi – Karbon Aktif

    Comment by Karbon Aktif Untuk Tambang Emas | February 16, 2014 | Reply

  86. ujung-ujungnya terima nasib

    Comment by Yenny Seftianty | February 19, 2014 | Reply

  87. saya lulusan SMK tahun 2004, dulu sebagai operator gaji 450.000, thn 2007 jd drafter 1.200.000, thn 2010 di perusahaan berbeda 2.000.000, kemudian di thn 2012 di perusahaan berbeda 2.500.000, sekarang diperusahaan berbeda juga thn 2014 3.500.000. alhamdulillah… skill itu sangat di butuhkan, walau pendidikan SMK..

    Comment by jaja | August 25, 2014 | Reply


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

